Pengantar Ilmu Penyakit Tumbuhan

Collection Location Perpustakaan Kebun Raya Purwodadi
Edition
Call Number 632 Sem p
ISBN/ISSN 979-420-383-1
Author(s) Haryono Semangun
Subject(s) Ilmu penyakit tumbuhan
Jenis-jenis penyakit tumbuhan
Classification 632 Sem p
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher Gadjah Mada Press
Publishing Year 2001
Publishing Place
Collation
Abstract/Notes Buku ini membahas dan menguraikan kompleksitas penyakit tumbuhan, factor yang memperngaruhi interaksi inang-patogen, perkembangan penyakit, dan dampaknya terhadap nilai ekonomi. Uraian pada setiap pokok bahasan dan hubungannya dengan pokok bahasan lainnya diupayakan sejelas mungkin.

Konsep umum dan beberapa istilah penting yang digunakan dituliskan pada Bab Pendahuluan. Hubungan tumbuhan, pathogen, dan lingkungan de-ngan penyakit tumbuhan digambarkan pada Bab II. Gejala dan tanda penyakit tumbuhan yang dapat dikenal di lapngan dituliskan pada Bab III.

Pembaca diajak untuk mengenal pathogen (penyebab penyakit) oleh factor abiotik pada Bab IV dan oleh organisme pathogen Bab V. Cara diagnosis pathogen dan manfaatnya disajikan pada Bab VI.

Interaksi inang-patogen pada konteks individu yang meliputi proses interaksi, mekanisme tumbuhan mempertahankan diri, senjata penyerangan yang digunakan pathogen, dan reaksi inang-patogen disajikan pada Bab VII.

Interaksi inang-patogen pada konteks populasi dilukiskan pada Bab VIII. Factor-faktor yang mempengaruhi epidemic, cara dan manfaat pengukuran laju epidemic disajikan secara ringkas.

Kerugian ekonomi, cara penilaian kerugian oleh penyakit tumbuhan dan manfaatnya dilukiskan pada Bab IX. Pengelolaan penyakit tumbuhan disajikan pada Bab X. gambaran pengelolaan penyakit tumbuhan yang disajikan pada bukui ini dapat menjadi pedoman bagi pembaca untuk mengambil keputusan.

Buku ini ditutup dengan suatu perpektif untuk pengembangan ilmu penyakit tumbuhan di masa yang akan datang (Bab XI)
Specific Detail Info/ Operator
  Back To Previous