Katalog Pisang koleksi Kebun Plasma Nutfah Pisang Pusat Penelitian Biologi-LIPI

Collection Location Perpustakaan Kebun Raya Purwodadi
Edition
Call Number 582.582 Poe k
ISBN/ISSN 978-979-799-857-8
Author(s) Poerba, Yuyu Suryasari dkk
Subject(s) Musaceae
Banana
Pisang
Plasma Nutfah
Classification 582.582
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher LIPI Press
Publishing Year 2016
Publishing Place Jakarta
Collation XViii, 218 hal. ill.
Abstract/Notes Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan monokotil berdaun besar memanjang dari suku Musaceae, buahnya dapat dikonsumsi dan biasanya tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok menjari yang disebut sisir. Beberapa jenis di antaranya adalah Musa acuminata dan Musa balbisiana.
Indonesia merupakan salah satu negara penting yang menanam dan membudidayakan pisang sehingga memiliki banyak jenis yang tersebar hampir di seluruh wilayah. Indonesia memiliki 12 jenis dari 71 jenis pisang yang ada di dunia dan dua jenis di antaranya, yaitu Musa acuminata Colla dan Musa balbisiana Colla merupakan nenek moyang pisang budi daya. Oleh karena itu, Pusat Penelitian Biologi-LIPI melalui buku ini berusaha menyebarluaskan informasi dan pengetahuan tentang koleksi plasma nutfah pisang di Indonesia.
Buku ini mendokumentasikan koleksi pisang yang ada di Pusat Penelitian Biologi-LIPI yang terdiri atas 42 aksesi pisang liar, 139 aksesi pisang budi daya, dan 10 aksesi pisang hasil pemuliaan. Pelestarian sumber daya genetik pisang sangat diperlukan mengingat jumlah jenis dengan varietas baik hanya sedikit jumlahnya. Oleh karena itu, pemuliaan tanaman pisang dilakukan untuk mencari varietas unggul yang resisten terhadap penyakit.
Specific Detail Info/ Operator
  Back To Previous